Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total (Selamatkan Datanya)

1032

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total (Selamatkan Datanya)

Sebagai salah satu teknologi penunjang utama pekerjaan, laptop dapat dianggap sebagai barang yang sangat penting. Sehingga jika laptop mati total atau bermasalah sedikit saja, maka dapat mengganggu semua pekerjaan Sobat.

Jika Sobat bekerja di kantor, mungkin terdapat backup hingga berbagai file pekerjaan yang berada di beberapa tempat.

Namun jika Sobat bekerja di rumah, dimana laptop merupakan pusat dari segala kegiatan Sobat, misal seperti full time blogger, matinya laptop dapat dikatakan matinya penghidupan. Oleh karena itu, Sobat harus mengetahui cara menghidupkan laptop yang mati total.

Yang Harus Dilakukan Pertama Kali Ketika Laptop Tiba Tiba Mati Total

Menyelamatkan berbagai file penting di dalam hardisk laptop

Jika laptop mati total bisa ganti dengan yang baru, tapi nilai data yang di dalamnya tentunya tidak bisa diganti.

Tidak menjadi masalah seandainya data tersebut merupakan data umum. Namun bagaimana seandainya data – data tersebut merupakan data pribadi, seperti foto pengantin, video keluarga dan data penting lainnya. Sangat berharga tentunya.

Jika sudah terlanjur mati, Sobat harus mengetahui cara menghidupkan laptop yang mati total. Khususnya untuk menyelamatkan datanya.

Mengupayakan hidupnya laptop tersebut

Jika Sobat berada dalam keadaan dimana data jauh lebih penting jika dibandingkan dengan laptopnya, maka Sobat harus mencari solusi bagaimana agar data bisa diselamatkan. Upayakan sebisa mungkin dengan langkah – langkah dibawah ini agar laptop bisa dihidupkan kembali.

Berikut Ini Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total

Sebelum memperbaiki laptop yang rusak, adakalanya kita mencari tau terlebih dahulu. Bagian mana yang rusak. Saya pernah membawa laptop saya yang mati total. Dices tetep saja tidak bisa nyala. Ternyata setelah dicek, kabel cesnya yang rusak. Hahahaha

Nah, kali ini kita akan melakukan pengecekan, agar tidak salah dalam penanganan.

1. Menghidupkan laptop yang mati total dengan menyalakannya tanpa baterai

Langkah pertama ini memang terbilang mudah, Sobat hanya cukup melepas baterai laptop. Nyalakan laptop dengan charger tanpa baterai. Apabila lampu indikator charger pada laptop sobat tidak menyala, kemungkinan penyebab laptop matiadalah dari chargernya.
Sehingga pada saat dices, daya tidak masuk.

Namun, cara menghidupkan laptop yang mati total ini hanya dilakukan untuk mengecek kondisi laptop saja. Jika memang kerusakan terjadi pada adapter / cas laptop saja, solusinya sobat hanya perlu mengganti charger nya saja.

2. Bersihkan CPU

Biasanya laptop yang sudah bertahun-tahun digunakan, akan terjadi penumpukan demu. Mungkin dari luar laptop tampak bersih namun dalam ventilasi laptopnya bisajadi sudah kotor karena berbagai debu yang masuk selama bertahun-tahun. Hal ini membuat sirkulasi udara tidak normal, sehingga suhu meningkat dan cepat panas atau dikenal dengan sebutan overheat. Biasanya hal sepele seperti ini juga bisa menyebabkan laptop mati total.

3. Cabut lalu bersihkan RAM

Kerusakan pada RAM dapat mengakibatkan laptop menjadi lambat, hang bahkan mati total. Nah solusi dari permasalahan ini yakni jika sobat sedang membersihkan laptop, maka sobat dapat sekalian mengecek seluruh kondisi keadaan laptop tersebut, khususnya adalah colokan yang disetiap komponen.

Cara menghidupkan laptop yang mati total salah satunya bisa dilakukan dengan melepas RAM pada laptop kemudian dipasang lagi. Ya, semudah itu. Tidak menutup kemungkinan, laptop mati total disebabkan karena RAM kendor, atau tidak terpasang secara sempurna pada tempatnya. Hal ini biasanya terjadi karena laptop sering mengalami guncangan pada saat dibawa.

Untuk melakukan hal ini, lakukan secara hati – hati sehingga tak akan merusak komponen laptop yang lain. Cukup lepas, kemudian pasang kembali pada tempatnya. Begitu juga dengan colokan kabel lain.

Cara menghidupkan laptop yang mati total diatas merupakan solusi atas permasalahan laptop mati total secara umum.

Namun, jika setelah melakukan cara diatas, tapi laptop sobat masih belum bisa menyala. Cara satu – satunya untuk menyelamatkan data – data yang penting, sobat bisa melepas hardisk untuk sementara dipasangkan pada laptop / komputer lain.

Biasanya, meskipun laptop sudah mati total atau tidak bisa dihidupkan. Hardisknya masih bisa diakses. Atau jika sobat tidak mempunyai laptop cadangan, sobat bisa membeli converter agar hardisk laptop bisa dibaca di PC. Cara kerjanya seperti Hardisk eksternal.

Cabut laptop dari tempatnya, sambungkan ke converter, dan colokkan pada laptop atau PC. Yang penting datanya bisa diselamatkan.

LEAVE A REPLY