Cara Menghemat Baterai pada Smartphone

1194

GaptekSolutions.Com -Disadari atau tidak, hampir di seluruh belahan dunia tingkat ketergantungan masyarakat terhadap teknologi semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan penggunaan fasilitas fasilitas berbasis teknologi dalam kehidupan sehari – hari. Chatting, mengirim email, browsing dan sebagainya membuat kita hampir setiap saat menggunakan smartphone.

Pengguna smartphone sendiri saking asiknya kadang suka tidak sadar bahwa power pada device yang digunakan juga memiliki kapasitas dan keterbatasan waktu. Banyak pengguna yang mengeluh karena smartphone mereka baterainya cepat habis padahal menurutnya baterainya sudah dilengkapi dengan daya yang lebih besar. Menurut saya, sebesar apapun daya baterai pada smartphone kalau digunakan secara terus menerus pasti juga akan habis daya baterainya.

Saya pun juga sering mengalaminya, kadang secara tidak sadar kita menggunakan smartphone dengan waktu yang cukup lama. Saking asiknya suka tidak sadar bahwa baterainya sendiri mempunyai kapasitas. Bagi sobat yang memiliki masalah yang sama seperti saya, tidak ada salahnya mencoba tips ini.

Cara Menghemat Baterai pada Smartphone

Cara menghemat baterai smartphone pada android

1. Matikan WiFi & Bluetooth
Hal yang sering dilewatkan oleh pengguna smartphone adalah mematikan wifi. Matikan wifi jika sobat tidak sedang memerlukan koneksi menggunakan wifi. Apabila wifi dalam keadaan hidup, secara otomatis device akan searching signal secara terus menerus. Hal ini akan memakan banyak daya smartphone. Begitu juga dengan bluetooth, jika memang dirasa tidak diperlukan ada baiknya penggunaan aplikasi ini dihentikan saja.

2. Matikan GPS
GPS sangat berguna untuk menentukan posisi atau mencari posisi pada saat kita berpergian. Namun penggunaan GPS ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Matikan GPS jika memang kita tidak merasa perlu untuk menggunakannya.

3. Kurangi Brigtness atau Tingkat Kecerahan pada Layar
Smartphone dengan sentuhan design pada fiturnya memberikan warna tersendiri bagi kita penggunanya. Apalagi jika smartphone kita dilengkapi dengan kemampuannya super amoled. Life walpaper misalnya, penggunaan fitur ini memang terlihat sangat bagus ketika brightness pada layar di atur dengan settingan maksimal. Namun percaya atau tidak, hal inilah yang menjadi salah satu faktor terbesar daya baterai pada smartphone sobat menjadi terkuras. Jadi untuk menghemat baterai lebih baik sobat atur pengaturan brightness ini sekedarnya saja. Mungkin bisa di setting dalam kisaran 50%-60%.

4. Hindari menekan tombol “Home” untuk mengakhiri aplikasi
Terkadang karena rasa malas untuk menutup aplikasi dengan cara yang seharusnya, kita langsung saja menekan tombol home untuk mengakhiri aplikasi tersebut. Meskipun terlihat sepele, hal ini nyatanya mampu berpengaruh terhadap daya barerai pada smartphone. Karena aplikasi yang tidak di tutup secara benar, terkadang masih berjalan dalam backend.

5. Install Aplikasi battery Dr saver
Install aplikasi battery dr saver pada perangkat sobat. sobat juga bisa menggunakan aplikasi task killer untuk melihat list aplikasi yang sedang berjalan. Dengan aplikasi ini sobat bisa mematikan aplikasi – aplikasi yang dirasa memang tidak perlu.

Demikian tadi adalah tips menjaga baterai agar bertahan lebih lama. Untuk berdiskusi ataupun barangkali sobat punya tips lain mengenai masalah ini, silahkan tambahkan di kolom komentar. Terimakasih.

LEAVE A REPLY