Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak (Selamatkan Datanya)

1274

Bagaimana cara memperbaiki hardisk laptop / komputer yang rusak dan menyelamatkan datanya? Artikel ini mungkin bisa cukup membantu.

Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak
Hardisk merupakan komponen utama dalam komputer, apabila hardisk rusak, maka sangat mungkin Anda akan kehilangan beberapa file yang ada dalam hardisk. Bagaimana cara menyelamatkan data jika laptop / komputer sobat tidak bisa menyala disebabkan rusak hardisknya?

Seloww, tidak perlu khawatir, Sobat dapat mencoba melakukan beberapa tips dibawah ini untuk memperbaiki hardisk rusak.

Fungsi hardisk dalam laptop sama seperti pada komputer yakni sebagai tempat penyimpanan semua program hingga file penting. Apabila komponen ini rusak, maka berbagai data yang disimpan akan hilang. Bagai mana jika data tersebut merupakan data penting?

Bad Sector biasa digunakan dalam menggambarkan sebuah area pada harddisk yang telah rusak. Apabila terjadi kerusakan, maka hardisk tersebut sudah kehilangan kemampuan untuk menyimpan berbagai file yang ingin sobat simpan. Karena itu, sobat harus mengetahui penyebab hardisk laptop rusak.

Hardisk merupakan piringan, ada bagian yang rusak bukan berarti hardisk ini tidak bisa digunakan lagi. Badsector bisa saja terjadi karena melemahnya magnetic dalam piringan hardisk.

Untuk memperbaiki hardisk rusak karena badsector, silahkan baca disini. Namun untuk memperbaiki hardisk rusak yang sifatnya ringan, sobat bisamembaca artikel ini.

Berikut Ini Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak

1. Back up data penting Anda

Sebelum proses cara memperbaiki hardisk yang rusak ini dimulai, Anda harus back up dulu semua file dan data pada laptop Anda supaya tetap terjaga dan aman. Sehingga jika ada suatu hal yang tidak diinginkan, semua file Anda sudah aman dan tak akan hilang.

Lakukan hal ini jika memang laptop atau komputer masih bisa dinyalakan. Lakukan backup ke hardisk lain / hardisk eskternal.

Jika laptop / komputer tidak bisa menyala, copot hardisk. Colokkan ke komputer lain untuk menyelamatkan datanya.

2. Hapus semua data

Cara memperbaiki hardisk laptop yang rusak yang kedua yakni hapus semua file dan data pada laptop. Karena salah satu tanda hardisk rusak yakni penuhnya file data yang tersimpan dalam hardisk laptop sehingga memaksa hardisk ini untuk bekerja diluar batasnya. Hal ini biasanya jarang Anda sadari, biasanya ciri ciri hardisk laptop rusak yakni laptop Anda akan lemot dan sering error.

Backpu data ke hardisk lain, hapus semua data. dan lakukan partisi ulang.

3. Defragment hardisk Anda

Cara memperbaiki hardisk laptop yang rusak selanjutnya yakni dengan memanfaatkan fitur defrag untuk mengurutkan sistem yang kacau dengan laptop / pc sobat. Jika berbagai file kacau ini dibiarkan (tidak tertata rapi), nantinya akan menghambat semua kinerja pada hardisk yang akan menjadi berat. Nah cara memperbaiki hardisk yang rusak ini bisa dilakukan dengan disk defragment menggunakan program bawaan dari windows.

4. Bersihkan file sampah dengan disk clen up

File sampah yang dimksud dalam hardisk ini yakni seperti file history, chace, cookies dan lain sebagainya. Berbagai file sampah ini berasal dari aktifitas saat tengah menggunakan laptop.Terlalu banyak file sampah bisa menyebabkan kinerja hardisk menjadi sangat lambat.

Bersihkan file sampah ini dengan disk cleanup atau dengan cc cleaner.

5. Scan Virus (Pencegahan)

Seperti yang kita tau, virus merupakan penyebab utama dalam rusaknya laptop termasuk kerusakan pada hardisk itu sendiri. Maka dari itu, Anda harus menggunakan beberapa antivirus baik itu dari bawaan laptop atau yang dapat Anda unduh dari Google.

Setiap antivirus memang dirancang secara khusus untuk para pengguna laptop dengan kualitas terpercaya. Meskipun antivirus ini terbilang gratis, kinerja nya sangat baik dalam membersihkan semua virus yang dapat menyebabkan laptop dan hardisk Anda rusak.

Apa hubungannya virus dengan hardisk padahal virus cuma menyerang sistem? Virus kebanyakan memang menyerang sistem. Tapi kerusakan sistem yang parah biasanya berujung pada install ualang. Nah install ulang ini memerlukan format pada hardisk.
Terlalu banyak melakukan format pada harddisk bisa juga menyebabkan hardisk menjadi rusak. Kira  Рkira gambarannya seperti itu.

Karena itu, jangan ragu untuk memasang app antivirus demi kelangsungan laptop atau PC sobat.

Catatan : Tips ini hanya bisa digunakan untuk hardisk yang rusaknya ringan, seperti lemot, akibat kebanyakan file yang tidak tertata rapi dan sebagainya. Untuk kasus hardisk rusak terkena air, bunyi berisik, maupun tidak detect. Ada baiknya sobat membawanya ke tukang service komputer, karena butuh penanganan khusus.

Untuk menyelamatkan data pada hardisk yang rusak, sedangkan laptop atau komputer sudah tidak lagi bisa menyala. Sobat bisa melepas hardisknya, kemudian dipasangkan ke komputer lain.

Jika hardisk yang rusak tersebut merupakan hardisk laptop, sobat bisa menggunakan converter agar hardisk bisa dihubungkan dengan komputer. sistem kerjanya sama seperti hardisk eksternal.

Punya pertanyaan? Silahkan tinggalkkan dikolom komentar.

LEAVE A REPLY