Cara Install wordpress Manual di Local Host

1493

GaptekSolutions.Com – Ini adalah  artikel pertama yang saya posting dikategori Internet marketing. Saya memilih artikel Cara Install wordpress karena saya merasa di dalam dunia internet marketing tidak bisa terlepas dari website. Kali ini saya akan menjelaskan step by step cara membuat website menggunakan platform wordpress yang di install pada local host (servel lokal).

Penginstalan komputer ke dalam komputer lokal akan lebih mudah melakukan pengeditan pada website sebelum website benar-benar online. Cara instalasi wordpress manual ini saya bagi menjadi 3 bagian, jika temen-temen sudah selesai membaca halaman ini, lanjutkan ke halaman ke dua dan ke tiga. Padahalam ketiga saya sudah menyiapkan file Video tutorial cara install wordpress manual di local host. Saya sarankan temen-temen membaca artikel ini terlebih dahulu agar pada saat melihat video sudah ada gambaran.

Artikel ini khusus pemula, buat para mastah silahkan skip dan baca artikel kami lainnya. Jangan lupa dishare yaa.  🙂

cara menginstall wordpress secara manual di localhostStep By Step Cara Install wordpress Manual di Local Host

1. Pertama siapkan file master wordpress.

Temen-temen bisa mendownload file master wordpress di situs resmi wordpress –> wordpress.org. Pastikan kalian mendownload versi terakhir, karena biasanya wordpress memberikan penyempurnaan pada versi sebelumnya.

2. Untuk menginstall wordpress pada komputer, temen-temen harus membuat server lokal. Biasanya saya menggunakan aplikasi xampp. Silahkan download di apachefriends.org. Kalau sudah selesai di download, langsung diinstall aja ya biar lebih cepet. Untuk cara instalasi xampp, saya sudah mengulasnya pada artikel cara menginstall xampp di komputer lokal.

3. Langkah selanjutnya setelah menginstall xampp, sialahkan copy dan extract file master wordpress kedalam direktori c:/xampp/htdocs. Biasanya setelah di extract akan ada folder wordpress. Rename folder tersebut sesuai dengan nama website yang ingin dibuat. Misal, kalian bisa menggantinya dengan nama superaneh.com. Nama folder ini digunakan untuk mengakses halaman website yang mau di install.

4. Buka alamat website lokal dengan mengetikkan localhost/namafolderwordpress. Contoh : localhost/superaneh.com

5. Setelah muncul halaman instalasi, buka tab baru pada browser. Ketikkan localhost/phpmyadmin. Tujuan masuk phpmyadmin ini untuk membuat database website. Database ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data.

#username default = root, Password = kosong. Untuk keamanan silahkan isi password phpmyadmin.

6. Buat database dengan cara mengklik menu database pada phpmyadmin. Pada kotak isian Create new database, isi dengan nama database yang diinginkan kemudian tekan tombol create.cara membuat database di phpmyadmin

cara membuat database di phpmyadmin

Lanjutk ke cara instalasi wordpress di local host ke halaman dua:

LEAVE A REPLY