Cara Aman Agar ATM / Rekening Tidak Dibobol Maling

1347

Beberapa waktu yang lalu, warganet dihebohkan oleh kasus pembobolan ATM. Beberapa dari pengguna social menceritakan bahwa uang direkening mereka tiba – tiba raib begitu saja. Beruntung kepolisian Republik Indonesia bertindak secara cepat. Sehingga beberapa pelaku dengan modus tertentu bisa diciduk dengan waktu yang relatif singkat.

cara agar atm tidak dibobol maling

Tentunya kita patut memberikan apresiasi atas langkah cepat Polisi mengatasi masalah ini. Tapi, apakah kedepan ada jaminan hal seperti tidak akan terulang lagi? Belum tentu, untuk itu ada baiknya kita harus tau beberapa modus atau trick yang biasa dilakukan oleh pelaku kejahatan semacam ini. Tujuannya agar kita dan keluarga kita tidak menjadi korban.
Dengan mengetahui modus – modus pelaku paling tidak kita tidak akan mudah tertipu.

Tulisan ini cukup panjang, saya akan mencoba menjelaskan modus yang biasa digunakan oleh pelaku kejahatan seperti ini diluar negeri. Khususnya mengenai tehnik tipu – tipu yang sering disebut dengan Social Engineering.

Tehnik ini sangat gawat, karena bukan cuma saldo yang bisa dikuras. Akun facebook, akun social media lain atau bahkan e-mail, juga bisa diambil alih. So, ada baiknya sobat baca artikel ini sampai selesai. Karena penjelasan tentang tehnik social engineering ini cukup panjang.

Modus yang digunakan untuk membobol ATM

Kartu perbankan ini sebenarnya ada dua, Debit Card dan Credit Card. Biar kedepan pemahamannya lebih gampang, kita samakan persepsi saja dengan menyebutnya dengan nama ATM (please jangan didebat) hehehe.

Membobol ATM dengan Skimmer

1. Modus Skimming
Modus ini dilakukan dengan cara memasang alat pada mesin ATM yang biasanya terdapat didaerah yang sepi (yang tidak dijaga oleh satpam).

Pada setiap kartu ATM terdapat magnetic stripe yang menjadi identitas (berisi data) kartu tersebut. Magnetic stripe ini bisa dibaca datanya dengan alat yang disebut dengan SKIMMER. Fungsi SKIMMER adalah membaca data yang tersimpan dalam magnetic stripe. Pelaku kemudian memanfaatkan data yang diperoleh untuk kemudian dicetak dalam kartu ATM kosong.

Proses ini biasanya dilakukan secara manual, namun jika pelaku sudah memiliki skimmer yang canggih, maka data yang dibaca bisa diakses dari manapun. Jadi dengan alat ini ATM bisa diduplikasi tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Masalah ini tentunya sudah diprediksi jauh – jauh hari. Untuk itu sistem perbankan sudah menerapkan double authentification untuk melakukan penarikan uang.

Untuk itu setiap kali memasukkan ATM kita diminta untuk memasukkan PIN agar hak akses bisa terbuka. Pelaku tidak akan bisa menggunakan ATM jika tidak mengetahui PIN dari kartu tersebut.

Dulu modus duplikasi ATM ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan dengan kamera tersembunyi, tujuannya adalah untuk mengintip PIN nasabah saat melakukan transaksi. Saat nasabah memasukkan nomer PIN dan tidak menutup tangannya, tombol yang ditekan akan terekam melalui kamera.

Bahayanya alat skimmer sekarang ini semakin canggih, dia tidak lagi membutuhkan kamera. Cukup memasangkan keylog pada papan tombol, maka PIN akan terekam. Dan data bisa diakses dari mana saja.

Modus Menggunakan Nomer ATM
Kalau diperhatikan, setiap kartu ATM (debit & credit) memiliki 16 kode atau nomor didepan. 16 nomor ini bukan sekedar nomor biasa, tapi bisa juga digunakan sebagai media pembayaran. Fungsinya hampir sama dengan kartu kredit. Hanya saja kalau kartu kredit, tagihannya di akhir waktu. Kalau pakai kartu debit (ATM), otomatis saldo akan berkurang.

Metode pencurian dengan nomer ATM ini adalah dengan memasukkan 16 nomer tersebut, beserta dengan 3 angka dibelakangnya.

Untuk mendapatkan nomer kartu ini cukup mudah. Hacker – hacker diluar negeri sana biasanya melakukannya dengan cara membobol sebuah situs online (Toko Online), selanjutnya mereka membaca database pembelian dalam toko tersebut. Nomer – Nomer ini akan tampil secara gamblang, dengan pembeli dari berbagai negara.

2 tahun yang lalu tehnik ini paling sering digunakan oleh maling – maling digital. Namun makin kesini, keamanan dari perbankan makin ditingkatkan.

Untuk bertransaksi menggunakan kartu ATM, dibutuhkan keamanan tambahan berupa kode rahasia yang akan dikirim melalui sms.

note: Satu jam yang lalu, saya mencoba melakukan pembayaran iklan facebook menggunakan kartu ATM saya. Ternyata saldo otomatis terpotong tanpa ada nya konfirmasi.

Mungkin kebijakan permintaan authentifikasi melalui sms, hanya diterapkan di Bank-bank tertentu, dan di toko online tertentu.

Saran: untuk keamanan, segera blokir ATM sobat jika terjatuh atau hilang, karena ini juga bisa jadi celah untuk disalahgunakan.

3. Modus Ganjal Mesin
Ini merupakan modus yang sudah lama terjadi di Indonesia. Caranya manual, dan terbilang konyol. Namun tetap saja modus ini masih sering digunakan. Khususnya di ATM yang sepi dari penjagaan.

Caranya adalah dengan mengganjal mesin ATM sehingga kartu yang digunakan tidak bisa masuk. Modus ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang, dan sasarannya biasanya adalah Ibu – Ibu. Mereka sebelumnya mengganjal ATM, agar ATM seolah – olah rusak.

Pelaku biasanya lebih dari satu orang, berberpura – pura untuk mengambil uang atau berdiri diluar ATM.

Ketika dilihat ada calon korban yang mengalami masalah dalam mesin ATM, mereka mencoba untuk bertanya dan menawarkan bantuan. Pada saat korban lengah mereka menukar ATM korban dengan ATM yang dibawa oleh pelaku.

Setelah itu pelaku meminta korban untuk memasukkan PIN secara ulang. Kuncinya disini,  saat korban memasukkan PIN, pelaku memperhatikan tangan korban. (namun bisa juga pelaku menanyakan langsung kepada korban berapa PIN-nya). Tentunya sebelumnya dengan modus berpura pura menawarkan bantuan.

Biasanya orang kalau panik, akan memberikan PIN nya tanpa dipaksa. Dan saat dicoba berkali kali tidak bisa, target biasanya langsung pulang.

Nah, saat inilah pelaku bisa leluasa menguras tabungan korban menggunakan ATM asli yang telah ditukar, dan diketahui PIN nya.

Meskipun modus ini konyol, namun faktanya kejadian seperti ini masih sering kita dengar. Jadi tidak ada salahnya kita waspada.

4. Modus Social Engineering
Social engineering adalah metode untuk mendapatkan data dengan cara memanipulasi psikologis seseorang untuk mendapatkan suatu informasi yang sifatnya rahasia.

Tehniknya adalah dengan cara bertanya secara langsung, melaui telepon, atau bisa juga melaui internet.

Pelaku Social engineering menjebak pelaku dengan cara menciptakan situasi palsu, dimana pelaku berperan sebagai bagian dari sistem tersebut.

Contoh kasus, modus nomer dua (Menggunakan nomer ATM), dikombinasikan dengan Social engineering.

Setelah pelaku melakukan mendapatkan data 16 digit nomer dan 3 digit nomer rahasia. Pelaku pencurian membutuhkan kode autentifikasi yang dikirimkan melalui SMS. Pelaku menggunakan tehnik Social Engineering untuk mendapatkan nomer tersebut.

Mengamankan ATM agar Tidak dibobol - Social Engineering

Contoh kasus pelaku menggunakan tehnik Social Engineering dengan cara menelfon korban.

“Halo, saya dari Bank #Sensor. Saya mau mengkonfirmasi bahwa anda merupakan pemenang dari program undian kami. Untuk memastikan kalau kami telah berbicara pada orang yang tepat. Kami telah mengirim kode autentifikasi ke nomor anda. Bisa tolong dikonfirmasi, berapa nomer tersebut?”

Kalau nasabah benar – benar memberikan kode autentifikasinya. Bisa ditebak apa yang akan terjadi 🙂

Contoh lain, Membobol email atau akun sosmed menggunakan tehnik Social Engineering Via SMS / Email.

“Sdr Antok, kami mendeteksi bahwa ada seseorang yang mencoba mengakses akun anda. Untuk mengkonfirmasi bahwa anda merupakan pemegang aku yang sah. Silahkan balas sms ini dengan kode varifikasi yang telah kami kirim. Facebook Team”

Percaya atau tidak, tehnik seperti ini masih sangat ampuh. Khususnya bagi mereka yang emosinya tidak stabil. Dalam keadaan panik, biasanya korban akan menuruti perintah yang diberikan. Dan jika hal ini terjadi, bisa dipastikan mereka akan kehilangan akses ke akun social media / email.

Masih banyak lagi cara yang digunakan untuk menjebak korban menggunakan tehnik social engineering ini. Misalnya: kasus papah minta pulsa, modus telfon malam – malam dan bilang kalau ada keluarga yang kecelakaan, telfon mengatas namakan Polisi yang mengabarkan anak anda ditangkap atas kasus judi / narkoba dan sebagainya. Waspadalah.

Yang kami sampaikan diatas merupakan modus – modus pembobolan ATM yang kami tau. Lalu bagaimana dengan solusinya?

Solusi Agar ATM / Rekening Tidak dibobol maling

1. Untuk menghindari tehnik skimming, Selalu tutupi jari anda pada saat memasukkan PIN. Atau jika sobat ragu – ragu mengenai keamanan ATM. Pastikan sobat mengambil uang di ATM bank terdekat. Soalnya ATM pada Bank biasanya dijaga oleh security dan dilengkapi dengan CCTV.

2. Untuk menghindari pembobolan rekening dengan Modus belanja menggunakan Nomer Kartu ATM. Kuncinya Jangan pernah beritahukan kode rahasia yang dikirimkan via SMS.

3. Untuk menghindari tehnik Ganjal mesin, solusinya adalah dengan cara tidak mudah terpengaruh pada orang yang baru saja anda kenal. Dan jika terjadi sesuatu pada mesin atau kartu ATM sobat, segeralah menelfon pihak bank, untuk memblokir ATM.

Jangan khawatir dengan pemblokiran ATM, sobat bisa mengurusnya kembali ke bank terdekat secara gratis.

4. Untuk menghindari tehnik Social Engineering. Dalam kondisi apapun cobalah untuk bersikap tenang.

Tehnik ini sangat berbahaya, karena biasanya pelaku sangat lihai untuk mempermainkan perasaan dan menciptakan kondisi yang bisa membuat psikis korban tertekan.

Jangan panik, agar sobat tetap berada pada level kesadaran normal. Jangan mudah percaya kepada orang lain, apalagi orang asing yang menghubungi sobat via telphone yang tidak dikenal.

Yup, demikian adalah cara agar ATM / Rekening tidak dibobol maling. Tentunya kedepan modus seperti ini akan jauh lebih beragam.

Jika informasi ini bermanfaat bagi sobat, tolong sebarkan dengan membagikan link artikel ini. Semakin banyak yang tau modusnya, kami harap kejadian pembobolan ATM ini akan semakin mudah dicegah. Sekali lagi, jangan panik dan tetap waspada.

Salam, Gaptek Solutions | Jangan Mau dibilang Gaptek

LEAVE A REPLY