Apa itu VPN, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

87

Pengertian VPNVPN, Pengertian dan Cara Kerjanya

Dulu, Virtual Private Network, atau yang biasa dikenal dengan naman VPN dibuat untuk mengkoneksikan jaringan antar gedung kantor secara aman. Selain itu juga agar jaringan tersebut bisa digunakan di rumah atau tempat lain. Sementara saat ini sudah berbeda. Virtual Private Network sudah banyak dipakai para pengguna internet di seluruh dunia. Dimana tujuan mereka adalah mendapatkan koneksi internet yang aman, pribadi atau private, dan juga mengakses jaringan secara remote. Lalu apa sih sebenarnya VPN ini?

Apa itu VPN?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, VPN merupakan sebuah layanan koneksi yang memberikanmu akses menuju ke website secara aman dan private. Caranya adalah dengan mengubah jalur koneksi melalui server lalu menyembunyikan pertukarang data yang terjadi itu. Secara sederhana Virtual Private Network ini menghubungkan antara PC, tablet, dan smartphone ke komputer lain atau yang juga disebut dengan VPN Server, di sebuah tempat yang terkoneksi internet. Ia kemudian mengizinkanmu surfing atau menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer tersebut.

Jadi, saat komputer atau server itu ada di negara yang berbeda, server itulah yang akan jadi negara yang kamu pakai saat menggunakan internet. Dengan begitu kamu bisa mengakses sesuatu yang tidak bisa kamu akses di negaramu. Karena biasanya tiap negara memiliki peraturannya masing-masing. Seperti contoh, di Indonesia kita tak bisa memakai Tumblr karena diblokir Kominfo. Tapi ketika kita memakai VPN, maka servernya dilempar ke negara lain yang memperbolehkan mengakses Tumblr.

Masih bingung dengan cara kerjanya? Baik, kita perjelas di bawah ini;

Cara Kerja VPN

VPN-03

Cara Kerja Virtual Private Network?

Cara kerja Virtual Private Network ini sejatinya cukup sederhana. Ia hanya melakukan sebuah proses enkripsi pertukaran data sebelum koneksi publik yang menggunakan data tersebut membacanya. Jadi, saat terhubung dengan internet dan kamu memakai Virtual Private Network, kamu seperti menggunakan internet dan surfing di dalamnya memakai lorong khusus dan tidak menggunakan jaringan utama.

Server Virtual Private Network ini punya tugas untuk melanjutkan koneksimu ke situs yang misalnya www.idwebhost.com  yang ingin kamu akses. Jadi koneksi yang kamu lakukan saat itu akan dikenali sebagai koneksi server VPN dan bukan jaringan biasa. Saat kamu memakai jaringan tanpa Virtual Private Network ini, koneksimu dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. Sementara ketika memakai VPN, koneksi yang dilakukan akan terenkripsi dan lewat VPN Server terlebih dulu.

Alur kerja VPN

VPN-02

Koneksi semacam ini memang sudah sangat sering dipakai saat menggunakan internet. Ketika kamu memakai koneksi biasa, semua data yang ada dalam proses itu bisa dilihat oleh banyak orang. Tidak masalah kalau data yang kamu cari cuma pencarian di Google biasa. Semacam hiburan atau sejenisnya. Akan jadi masalah ketika kamu melakukan transaksi online, email bisnis, atau banyak hal yang sensitif. Nah, para hacker ini biasanya menggunakan teknik Man in The Middle atau MITM.

Lalu saat kamu memakai Virtual Private Network ini, dimana biasanya kamu menggunakan aplikasi, data yang kamu miliki sudah dienkripsi oleh aplikasi tersebut dan baru dikirimkan ISP lalu ke server VPNnya. Server VPN ini jadi perangkat ketiga yang menghubungkanmu dengan web atau layanan online yang sedang kamu cari. Lalu apa manfaat lain Virtual Private Network selain mengenkripsi data sehingga data kita aman?

Manfaat Lain VPN?

Ada banyak sekali manfaat yang bia kamu dapat ketika memakai program yang satu ini. Salah satunya adalah melakukan remote access. Remote access sendiri memberikan izin padamu untuk mengakses internet dengan memakai jaringan kantor dari manapun selama masih terhubung ke internet. Jadi, meski kamu sedang menggunakan jaringan luar, saat memakai VPN jaringanmu akan tetap dikenali internet sebagai jaringan kantor. Lalu apa manfaat lainnya;

ByPass

Kamu bisa melewati batasan geografi dari sebuah situs streaming atau pun video. Semisal situs tersebut oleh pemerintah diblokir karena dianggap berbahaya atau bertentangan dengan undang-undang negara yang kamu tempati.

Data Aman di Jaringan Publik

Ketika kamu memakai Virtual Private Network, makan pertukaran data yang kamu lakukan dari wifi atau jaringan yang tidak terpercaya akan dilindungi oleh aplikasi tersebut. Misalnya kamu sedang mencari cara membuat website tapi tak ingin diketahui banyak orang. Entah karena website tersebut rahasia atau semacamnya. Tentunya ini membantu keamanan datamu ketika kamu berada di jaringan publik seperti café atau semacamnya.

VPN, data Aman dijaringan Publik

VPN-04

Informasi Pribadi Aman Secara Anonim

Aplikasi ini bisa menyembunyikan lokasimu secara langsung. Jadi tidak sembarang orang bisa tahu dimana lokasimu ketika melakukan akses. Biasanya yang terdeteksi justru lokasi dari server Virtual Private Network yang kamu pakai.

Data yang Dienkripsi

Ketika memperoses pertukaran data dari komputermu ke website yang kamu tuju, data tersebut dienkripsi. Sehingga meskipun mereka bisa melihat apa yang komputer kita kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah dienkripsi, bukan data mentah.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Aplikasi ini memang bisa menyembunyikan data asli. Ia juga bisa membatasi riwayat penelusuran oleh ISP atau pemerintah. Tapi ada juga beberapa kekurangan dan kelebihan dari pemakaian aplikasi ini. Salah satunya adalah koneksi yang biasanya jadi melambat. Selain itu, soal keamanan juga masih menjadi perdebatan banyak orang. Menurut beberapa orang, aplikasi ini memang membuat koneksi aman. Tapi itu tergantung protokol atau jalan yang kamu pakai ketika melakukan koneksi. Keamanan Virtual Private Network masih dibatasi 2 faktor utama, yakni batasan teknologi, dan juga batasan hukum. Memang bisa dibilang menggunakan Virtual Private Network tidak sepenuhnya aman. Tapi paling tidak lebih aman dari koneksi biasa.

VPN-05

Jika kemudian kamu bertanya kapan harus menggunakan Virtual Private Network, maka jawabannya adalah ketika kamu membutuhkan koneksi yang lebih aman. Tentunya ketika aktivitas yang kamu lakukan di sebuah web itu berpengaruh besar pada hidupmu atau data yang kamu kirimkan itu adalah data yang krusial. Maka saat itulah kamu harus menggunakan Virtual Private Network.

Apa saja situs Virtual Private Network Gratis?

Ada banyak sekali situs yang memberikan layanan Virtual Private Network gratis. Seperti namanya, kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan batasan tertentu. Berikut ini beberapa situs Virtual Private Network gratis yang bisa kamu gunakan;

Situs VPN gratis

VPN-06

Hotspot Shield

Ini merupakan situs Virtual Private Network yang sangat populer. Ia juga menyediakan layanan premium. Tapi Hotspot Shield juga memberikan versi gratis yang bisa kamu pakai. Versi ini bisa mencega situs yang memiliki malware. Tapi versi gratis Cuma bisa dipakai menghubungkan 1 perangkat saja.

TunnelBear

TunnelBear sendiri adalah aplikasi Virtual Private Network yang sederhana tapi kuat menurut beberapa pihak. Situs ini punya tampilan yang cukup menarik, sehingga memudahkan para pemakainya. Aplikasi ini juga ramah dengan perangkatmu.

Hide.me

Ini merupakan aplikasi Virtual Private Network yang ada di Malaysia dan sudah memiliki puluhan server di seluruh dunia. Ketika kamu menggunakan versi gratis dari aplikasi ini, kamu diizinkan untuk memakai hingga 3 GB tiap bulan.

Atau jika memakai aplikasi itu terlalu ribet, kamu bisa memakai web browser yang sudah include Virtual Private Network. Seperti misalnya Opera, dan beberapa web browser yang sudah termasuk Virtual Private Network. Tentunya itu akan jadi lebih mudah. Lalu mana yang terbaik? Kamu yang bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan.

Kesimpulannya, Virtual Private Network ini bisa membantu mengamankan apa yang kamu lakukan. Mengamankan identitas pribadi, data pribadi, dan hal-hal krusial yang tidak boleh diketahui banyak orang. Kamu tinggal memilih, pakai yang gratis atau berbayar. Semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY