Cara Merubah Name Server Domain

2407

Cara merubah name server domain. Setelah membeli domain langkah yang dilakukan selanjutnya adalah mengubah name server pada control domain. Name server atau yang biasa disebut dengan ns adalah IP atau alamat yang digunakan untuk mengarahkan domain ke hosting.

Cara Merubah Name Server DomainJika layanan domain dan hosting yang digunakan berbeda, maka settingan ini wajib dilakukan agar domain baru bisa berkomunikasi dengan hosting sebelum dilakukan addon domain pada cpanel (hosting). Untuk memudahkan dan menselaraskan istilah, control domain akan saya sebut dengan cpanel domain.

Cara untuk melakukan perubahan pada name server silahkan masuk kedalam cpanel domain. Untuk alamat cpanel domain sobat bisa tanyakan kepada penyedia domain yang sobat gunakan. Atau bisa juga sobat cek e-mail yang sobat gunakan pada saat registrasi domain, karena biasanya detail akun akan dikirimkan melalui email. Langkah – langkahnya seperti dibawah ini.

Cara merubah Name Server Domain

1. Masuk kedalam cpanel domain. Gunakan detail akun yang sobat miliki untuk masuk kedalam cpanel domain.

2. Modify Name Server. Jika dalam satu akun sobat memiliki beberapa domain, pilih domain yang ingin di edit dan cari fasilitas edit NS, atau edit name server.

3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan name server. Untuk mengetahui detail name server, sobat bisa lihat ke email yang digunakan pada saat melakukan pembelian hosting. Jika tidak ada, silahkan hubungi penyedia layanan hosting sobat.

4. Masukkan name server, pastikan sobat telah mengisikannya dengan benar dan klik simpan.

Catatan : Dalam beberapa kasus biasanya perubahan name server memerlukan propagasi selama 1 x 24 jam. Itu berarti domain baru bisa di akses pada hari berikutnya. Namun ada juga yang proses propagasi domain cuma sebentar.Ini biasanya ya, tidak semua mengalami kasus seperti ini.

Perubahan NS ini terkadang juga bisa menimbulkan masalah dari segi ISP. Pengalaman saya pada saat saya menggunakan kartu Tri sebagai koneksi internet, saya pernah sampai 3 hari tidak bisa mengakses domain yang saya gunakan. Jika sobat mengalami masalah seperti ini ada dua solusi yang bisa dilakukan.

1. Cek apakah NS domain sudah mengarah ke hosting yang dituju.

Caranya, buka alamat berikut pada browser, –> who.is/whois/namadomain isi tulisan yang bercetak biru dengan alamat domain sobat secara lengkap. Jika domain sudah mengarah ke hosting yang dituju, namun masih tidak bisa di akses, kemungkinan masalah ini terjadi dari segi ISP.

2. Masalah dari segi ISP

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan disconnect koneksi internet yang sobat gunakan. Pada pengaturan dns, silahkan gunakan open dns dari google. 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Pastikan sobat sudah melakukan addon domain pada hosting, karena jika sobat melakukan pengaturan dari sisi domain saja, maka domain tetap tidak akan bisa digunakan. Demikian tadi adalah tips Cara Merubah Name Server Domain. Jika ada pertanyaan, silahkan isikan di kolom komentar.

 

LEAVE A REPLY