Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total

168068

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara TotalBegini cara menghapus virus shortcut secara total dan mencegahnya agar tidak kembali lagi. Sebenarnya cara menghapus virus shortcut ini tidaklah susah. Bahkan bisa dibilang untuk menghilangkan virus yang mampu menginfeksi flasdisk secara cepat ini tidak diperlukan keahlian khusus. Virus shortcut ini bisa dihilangkan dengan sangat mudah. Jika sobat memiliki masalah dengan virus yang satu ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan virus shortcut secara total, terlebih dahulu kita akan mempelajari bagaimana sistem kerja virus shortcut ini. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).
Berbeda dengan cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tidak merusak file kita. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi jika settingan komputer kita tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah – olah file asli kita tampak seperti “Hilang”.

Nah, biar tidak bingung dan panik pada saat terserang virus shortcut ini sobat bisa menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan sangat mudah. Silahkan coba tehnik berikut ini.

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut

1. Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf “E“.

2. Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu plih folder options.

3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini.

Cara menampilkan supperhidden pada windows akibat virus shortcutHilangkan centang pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Tenang saja, melakukan pengaturan ini, tidak membuat windows sobat menjadi error. Tujuan menghilangkan centang dari dua pilihan diatas adalah untuk menampilkan file yang di setting dengan attribut supper hidden. File jenis ini biasanya digunakan untuk file system. Jadi pastikan sobat tidak menghapus file system ini.

Cara Tuntas Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total

1. Gunakan antivirus. Fungsi dari antivirus ini adalah selain untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, juga sebagai penangkal seandainya ada virus lain dari flashdisk lain. Saran saya gunakan antivirus yang cukup baik. Bukan antivirus abal – abal. Saya sarankan agar sobat menggunakan antivirus avast. Ada versi free-nya, silahkan download dulu jika memang sobat belum punya.

2. Lakukan proses scanning. Lakukan proses scanning menyeluruh, baik itu pada drive c, drive d, ataupun pada flashdisk yang terinfeksi. Akan lebih baik jika sobat melakukan full scanning. Tungu beberapa saat sampai proses scanning oleh antivirus te;ah selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan. Dalam hal ini silahkan hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, tenang saja. File sobat tidak akan hilang. Karna virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan filenya saja.

3. Menghapus bekas file firus didalam flashdisk. Setelah virus dihapus biasanya masih ada file shortcut yang di tinggalkan oleh virus. Cara membersihkannya, buka flashdisk di windows Explorer. Lihat dimana letak drive flashdisk. Apakah di E, F, atau di G. Ingat, jangan sampai salah. Biasanya drive C, digunakan untuk system, D digunakan untuk menyimpan data dan seterusnya. Sekali lagi, pastikan pada drive mana flasdisk-nya.

4. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive F. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk drive f menggunakan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, selanjutnya masukkan cmd pada kotak dan enter.

5. Setelah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive F (drive dimana flashdisk terpasang) dengan cara ketik F: dan enter.

6. Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_ sobat bisa melakukan penghapusan. Tujuan utama kita adalah melakukan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Lakukan penghapusan dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.

7. Dalam tahap ini seharusnya file shortcut yang dihasilkan oleh virus telah hilang. Selanjutnya kita akan menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan cara merubah attributnya menjadi normal atau terlihat dalam mode standar.

8. Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).

9. Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.

10. Kembalikan settingan file system ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang berattribut supper hidden, nah seperti yang saya bilang di awal tadi biasanya supper hidden ini digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.

File system yang terlihat, dikhawatirkan akan terjadi error jika file system tidak sengaja dihapus. Untuk itu alangkah lebih baik jika file system ini di hidden kembali. Toh yang terpenting, file yang telah disembunyikan oleh virus shortcut sudah berhasil di tampilkan secara normal.
Untuk melakukan hidden file pada file system lakukan langkah seperti diatas :

1. Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windows pada keyboar secara bersamaan dengan huruf “E”.

2. Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T”. Setelah itu plih folder options.

3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini.

4. Centang kembali pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Yup, demikian tadi artikel yang berjudul cara menghapus virus shortcut secara total versi Gaptek Solutions. Kabar baiknya sekarang ini ada antivirus karya anak bangsa yang mampu menghilangkan virus ini dengan sangat cepat. Antivirus tersebut diberi nama SmadaV. Sobat sudah pada tau kan? Artikel diatas memang menjelaskan tentang bagaimana cara menghilangkan virus shortcut secara total. Mungkin ada yang bertanya kenapa saya membuat artikel ini sedangkan ada cara yang jauh lebih mudah yaitu menggunakan antivirus smadav.

Tujuan saya sebenarnya adalah untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi virus shortcut ini. Banyak yang panik ketika flashdisk teman – teman saya terkena virus ini dan akhirnya karna kepanikan tersebut, flashdisknya di format ulang. Nah, sayang sekali kan? padahal tanpa di format filenya masih bisa diselamatkan. Itu dia alasannya kenapa saya membuat artikel ini.

Saya ucapkan terimakasih telah bersedia untuk membaca artikel ini sampai selesai. Silahkan di share, siapa tau ada teman – teman sobat yang memiliki masalah dengan virus shortcut ini. Sharing is Caring. See you on the next article, bye 🙂

SHARE

13 COMMENTS

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    thanks broo berkat anda komputer gwe bersih dri virus

    catatan tambahan:
    – Klo di memori hp/flashdisk caranya sma?
    – Bisa gx klo di cd ada virus ?
    Trima kasih

    Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

    • Wa’alaikum salam Wr. Wb
      Terimakasih kembali mas Oki.
      Kalo untuk di hp / flashdisk caranya hampir sama. cuman saya sarenin. Mungkin bisa di backup dl, copy file penting yang ada di flasdisk ke dalam komputer. Dan format flasdisk-nya. Nanti kalo sudah bersih, file backup bisa dikembalikan lagi.
      CD bisa terkena virus kalau sebelum di bakar, file yang dimasukkan sudah terinfeksi.
      Kalau filenya aman, CD menurut saya tidak bisa terkena visrus. Soalnya biasanya CD yang beredar tidak writable. Artinya, komputer cuma bisa membaca, tanpa bisa merubah isi dari CD tersebut.

  2. Comment:bagaimana kalau yang terinfeksi virus itu pc kita? maksudnya tiap ada flashdisk masuk jadi hidden semua..
    mohon bantuan caranya .. soalnya komputer dan notebook saya begitu… 🙁
    thanks…

    • Paling mudah sih di scan pake smadav mba Nurul. Owh iya, untuk pencegahan, biasakan ketika menggunakan flashdisk ‘asing’ setelah flashdisk di colokkan jangan langsung dibuka. Tapi di scan terlebih dahulu. 🙂

  3. jika sudah dilakukan seperti yang diatas, kemunculan virus tersebut masih ada, saat pertama flasdis dicolokan kelaptop!!!!
    apa yang harus dilakukan??

LEAVE A REPLY