Cara Mengatasi Android Lemot Paling Mudah

2597

Begini cara mengatasi android lemot paling mudah. Seperti halnya mengatasi komputer yang lemot, cara mengatasi android yang lemot atau lelet konsepnya juga hampir sama. Yaitu dengan mengurangi beban kerja yang sedang dijalankan oleh sistem.

Cara Mengatasi Android Lemot Paling Mudah

Android menjadi sangat lambat atau lemot sebenarnya dikarenakan adanya beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Biasanya android akan menjadi lemot kalau jumlah proses yang berjalan semakin besar, namun memory pada device teralu sedikit.

Ilustrasinya kaya jakarta sob, loh kok jakarta? iya, soalnya jakarta merupakan kota yang paling terkenal di Indonesia. Terkenal dengan macetnya maksud saya 🙂 hehehe… Back to topic, banyaknya lalulintas kendaraan yang berjalan secara bersamaan bisa membuat perjalanan menjadi lambat. Hal ini disebabkan karena tidak berimbangnya luas jalan dengan jumlah kendaraan.

Nah, android juga kaya gitu sob, kalo memory sobat sedikit, namun menjalankan banyak aplikasi. Hampir bisa dipastikan kinerja android sobat akan mengalami penurunan kinerja, atau bisa dibilang akan bekerja dengan sangat lambat.

Memory disini bukan media penyimpanan atau storage. Namun yang dimaksud memory disini adalah RAM. RAM ini bisa di ibaratkan dengan jalur data. Kalau jalur datanya penuh, maka perjalanannya bisa menjadi lambat.

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan seperti ini. Mas, saya ngga jalanin aplikasi apa – apa, tapi kok android saya bisa lemot ya… Mungkin diantara sobat juga ada yang punya pertanyaan seperti itu. Jawabannya sebenarnya sama, terlalu banyak proses yang berjalan. Hanya saja beberapa aplikasi terkini berjalan dengan mode under system. Jadi meskipun di close, aplikasinya akan terus berjalan.

Contoh : Penggunaan BBM, Facebook Messanger, dan whatsApp. Meskipun aplikasi ini sudah ditutup, aplikasi ini akan terus berjalan. Untuk itu, saya sarankan. Bagi sobat yang menginginkan android sobat bekerja lebih cepat, ada baiknya sobat menghapus aplikasi yang saya sebutkan diatas. Atau paling tidak, gunakan aplikasi chatting yang benar – benar diperlukan saja [bisa dipilih salah satu].

Faktor Yang Menyebabkan Android Lemot

1. Menggunakan aplikasi dengan pengaturan efek multimedia tinggi. Contoh : Life Wallpaper

2. Banyaknya aplikasi yang berjalan under system secara bersamaan. Contoh : BBM, WhatsApp, Facebook Messanger.

3. Banyaknya cache atau singgahan dari sisa – sisa pemakaian sistem.

4. Tidak menutup aplikasi secara tuntas.

Cara Mengatasi Android Lemot

1. Matikan aplikasi dengan efek multimedia tinggi. Contoh aplikasi dengan efek multimedia tinggi adalah live wallpaper dan aplikasi custom keyboard (keyboard yang bukan bawaaan dari handphone). Jangan lupa, Hapus widget yang tidak diperlukan.

2. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan. Contoh Bluetooth, Screen Rotation, GPS. Aplikasi yang saya sebutkan barusan juga bisa mengurangi kinerja android, khususnya jika digunakan untuk internettan

3. Kurangi atau hapus aplikasi yang berjalan under system. Mungkin sobat bisa pilih aplikasi chatting yang benar – benar diperlukan. lainnya silahkan di uninstall.

4. Hapus cache atau file singgahan dari sisa pemakaian aplikasi. Biasanya saya menggunakan aplikasi clean master. Aplikasi ini juga sudah include dengan speed booster.

5. Tutup aplikasi secara tuntas. Biasanya karena terburu – buru kita sering menutup aplikasi dengan cara menekan tombol home. Cara ini bisa mempengaruhi kinerja android, karena dengan menekan tombol home sebenarnya aplikasi masih tetap berjalan. Cara untuk menutup aplikasi secara tuntas adalah dengan menekan tombol back, sampai aplikasi benar – benar keluar (jika ada tombol exit atau tutup aplikasi, gunakan tombol ini).

Intinya, untuk mempercepat kinerja android laulintas jalur data tidak boleh padat. Untuk itu matikan aplikasi – aplikasi yang memang tidak diperlukan. Beda halnya kalo memang jalur datanya gedhe. Mau jalanin aplikasi banyak juga ayuukk.. hehehe 🙂

Yup, demikian tips sederhana Cara Mengatasi Android Lemot Paling Mudah versi gaptek solutions. Saya ucapkan terimakasih kepada sobat karna sudah berkunjung dan membaca tulisan sederhana saya ini. Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

See you on the next article 🙂

2 COMMENTS

  1. Awalnya saya tidak tahu bagaimana cara mengatasi smartphone android saya yang sangat lemot, namun setelah saya membaca ulasan ini, saya menjadi lebih tahu sekarang bagaimana cara mengatasi smartphone android yang lemot, saya juga akan membagikan artikel ini kepada yang lain, terimakasih telah berbagi yah. o ya, apakah cara ini berguna untuk semua jenis merk smartphone ? Mohon jawabannya, terimakasih.

    • Saya belum mencoba ke semua jenis ponsel, namun kurang lebih masalah yang dialami HP android itu sama. Jadi secara garis besar cara mengatasinya juga sama.
      Terimakasih

LEAVE A REPLY